Sabtu, 03 Maret 2012

Rangkuman Bab 6 (Prosedur Penelitian - Prof. Dr. Suharsimi Arikunto)

BAB VI
STUDI PENDAHULUAN

A. Manfaat Studi Pendahuluan
William Asher berkata : if man is not aware of what has been learned in history, it is said he is bound to repeat the experiences. Masalah-masalah pendidikan yang kita dapati seluruhnya bukan masalah baru, atau bahkan boleh dikatakan masalah-masalah yang lama sering muncul kembali dalam keunikan yang lain.

Selanjutnya oleh Dr. Winarno dikatakan bahwa setelah studi eksploratoris ini peneliti menjadi jelas terhadap masalah yang dihadapi dari aspek historis , hubungan dengan ilmu yang lebih luas , situasi dewasa ini, dan kemungkinan-kemungkinan yang akan dating dan lain-lain.
1. Mengetahui dengan pasti apa yang akan diteliti.
2. Tahu dimana/kepada siapa informasi dapat diperoleh.
3. Tahu bagaimana cara memperoleh data atau informasi .
4. Dapat menentukan cara yang tepat untuk menganalisis data.
5. Tahu bagaimana harus mengambil kesimpulan serta memanfaatkan hasil.

Sebagai pedoman perlu tidaknnya atau dapat tidaknya penelitian dilaksanakan, peneliti harus ingat empat hal yang sudah diutarakan didepan.
1. Apakah judul penelitian yang akan dilakukan benar-benar sesuai dengan minatnya? Apakah peneliti memang akan senang melaksanakan karena menguasai permasalahannya? Pertanyaan ini penting untuk dijawab karena minat, perhatian, penguasaan pemecahan masalah merupakan modal utama dalam meneliti.
2. Apakah penelitian ini dapat dilaksanakan ? Banyak sekali faktor yang menyebabkan seorang peneliti tidak dapat melaksanakan rencananya. Faktor-faktor tersebut antara lain : kempuan, waktu, tenaga, dan dana.
3. Apakah untuk penelitian yang akan dilakukan tersedia faktor pendukung? Sebagai hasil tambahan peneliti harus sudah merumuskan judul penelitian, sudah disediakan dana, sudah mengurus izin, dan berhasil.
4. Apakah hasil penelitian cukup bermanfaat? Misalnya peneliti ingin mengetahui perbedaan efektifitas pengajaran modul dibandingkan dengan pengajaran klasifikasi.

B. Cara Mengadakan Studi Pendahuluan
Seperti pengumpulan data pada umumnya , maka sumber pengumpulan informasi untuk mengadakan studi pendahuluan ini dapat dilakukan pada tiga objek yaitu :
1. Dengan membaca literatur, berupa dokumen, buku-buku atau bahan lainbaik berupa teori, laporan penelitian atau penemuan sebelumnya.
2. Mendatangi ahli-ahli untuk bertemu, bertanya dan berkonsultasi untuk memperoleh informasi.
3. Mengadakan peninjauan ketempat atau lokasi penelitian untuk melihat benda atau peristiwa.
Dengan singkat, sumber data adalah 3p : paper, person, dan place.



0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes